Tips Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima Kerja

Kebanyakan pencari kerja itu belum tahu tata cara interview yang baik ketika ada panggilan interview. Sebelum kita menghadapi panggilan  interview sebaiknya kita persiapkan dulu untuk menghadapi interview agar kita tidak gelisah ketika di interview. Berikut 6 cara interview agar bisa di terima kerja.

 

Cara Interview Kerja yang Baik: Kenali Potensi Diri

Cara interview kerja yang baik adalah dengan mengenali potensi diri. Banyak orang yang belum bisa mengenal dirinya sendiri, entah itu dari segi karakter dan sikap. Mungkin masalah ini juga terjadi pada sahabat MySkill. Akibat yang timbul karena hal itu ialah kamu belum bisa memilah dan menganalisis kelebihan dan kekurangan yang ada. Padahal kalau dalam konteks wawancara kerja sangatlah penting mengetahui poin-poin tersebut.

 

Ketika interviewer mulai bertanya kepada kamu mengenai poin kelebihan dan kekurangan, harapannya kamu dapat menjawab apa adanya dan perihal kekurangan juga usahakan sertakan cara untuk menanganinya.

 

Pahami Deskripsi Pekerjaan yang Kamu Lamar

Umumnya, setelah interviewer memberimu pertanyaan terkait alasan melamar pada posisi tertentu, bagi kamu yang memang sebelumnya pernah bekerja di posisi yang sama mungkin tidaklah terlalu sulit untuk menjawabnya.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Tenaga Honorer Pengadilan Negri Terbaru 2022

 

Misalkan kamu dulunya seorang Chief Marketing Officer (CMO) yang kemudian menjelaskan kepada interviewer bagaimana tugasmu dulu, yakni seperti meningkatkan prospek pelanggan atau pengguna perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan perusahaan. Selain itu CMO mempunyai peran dalam meningkatkan brand awareness dan retensi target market, serta peran lainnya.

 

Lebih lanjut, jelaskan juga project yang apa saja yang berhasil kamu tangani. Kalau kamu belum mempunyai pengalaman kerja apapun, cobalah kaitkan dengan pengalamanmu dulu waktu masih berkegiatan pada masa kuliah.

 

Lakukan Riset pada Perusahaan Incaranmu

Melakukan riset sebelum interview kerja merupakan tindakan yang tepat, ya, sahabat MySkill. Mengapa demikian? Sebab supaya kamu bisa tahu nilai-nilai dari perusahaan tersebut dan fokusnya pada bidang apa.

Baca Juga:  Lowongan Kerja SMA PT Kalbe Farma tbk Cikarang

 

Kemudian, hal ini juga membantumu ketika interviewer menanyai kamu soal perusahaan, sehingga dapat memberikan kesan baik dan dianggap memiliki pengetahuan yang luas tentang perusahaan. Gali lebih dalam informasi melalui website resmi atau media sosialnya.

 

Cara Interview Kerja yang Baik: Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk kamu persiapkan adalah dokumen yang dibutuhkan sebelum proses interview kerja, yaitu CV (Curriculum Vitae), portofolio, kartu identitas, fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan lain sebagainya. Semua itu bisa berbeda antar perusahaan, jadi kamu harus teliti memeriksanya. Lalu, jangan lupa bawa alat tulis dan catatan kecil, baik itu untuk interview kerja secara online maupun offline.

Cara Interview Kerja yang Baik: Perhatikan Etika dan Tata Krama

Ketika mulai berbicara perhatikan dengan betul-betul cara kamu merangkai kalimat dan juga mengungkapkannya karena skill komunikasi juga menjadi fokus seleksi. Selain itu, perhatikan pula tutur kata serta gerak-gerik tubuh. Jangan sampai pihak pewawancara menjadi kurang respect padamu karena gerak tubuhmu yang terlalu banyak atau pilihan kata-kata yang kurang sopan dan cenderung informal, sehingga kesannya tidak sopan.

Baca Juga:  Loker terbaru PT Indonesia Pratama Multipak

 

Banyak Latihan Interview Kerja

Agar lebih siap, sebaiknya kamu rutin melakukan latihan untuk interview kerja dengan meminta tolong teman atau orang terdekat. Pertama, kamu bisa membuat daftar pertanyaan dan jawaban kemungkinan pertanyaan yang nanti akan perekrut lontarkan. Lalu, ajak keluarga atau temanmu untuk menciptakan suasana seperti saat sedang melakukan wawancara sungguhan.

 

Selain itu, cari tahu kelemahan diri kamu, misalkan saja kamu tipe orang yang mudah grogi saat bertemu orang baru, maka cobalah untuk lebih sering berkomunikasi dan bersikap terbuka pada lingkungan sekitar. Hal tersebut akan sangat membantu guna melatih kepercayaan diri. Dan juga tidak lupa agar melatih bahasa tubuh, gerak bibir, dan tahap wawancara.



Sumber: Artikel Asli

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.