Cara Membuat Website Lowongan Kerja Bagian 2

sponsor


 

Satu-satunya kekurangan yang dimiliki Drupal adalah tool ini penuh dengan istilah teknis. Oleh karena itu, untuk memahaminya, setidaknya Anda harus menguasai bidang web development.

Dari ketiga platform yang disebutkan, kami memilih WordPress untuk dijadikan contoh di tutorial ini. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkannya, bahkan untuk pengguna awam sekalipun. Meskipun memilih WordPress, bukan berarti Hostinger tidak mensupport Joomla dan Drupal. Anda bebas menginstall platform mana pun yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Install Plugin Khusus dan Onlinekan Website

WordPress tidak memiliki fitur bawaan untuk membuat situs lowongan kerja. Tugas Anda adalah menginstall plugin khusus setelah sebelumnya menyelesaikan cara install WordPress di server hosting.

Simple Job Board adalah salah satu plugin yang memang ditujukan untuk membuat dan mengonlinekan situs lowongan pekerjaan. Kami memilih plugin ini karena namanya merepresentasikan kemudahan yang dimilikinya:

Plugin Simple Job Board

Setelah menginstall plugin WordPress ini dan mengaktifkannya, tab Job Board akan muncul di dashboard. Klik tab dan daftar semua lowongan pekerjaan akan muncul (jika ini website pertama, maka daftarnya kosong):

Job listing (daftar lowongan pekerjaan)

 

sponsor


Klik opsi Add New dan Anda akan diarahkan ke WordPress editor. Di dalam editor ini Anda dapat menentukan judul untuk job listing dan menuliskan deskripsi singkatnya:

menambahkan job baru

Scroll lagi ke bawah dan Anda akan lihat bagian Job Features. Informasi yang Anda tambahkan di sini akan muncul pada list yang terletak di bawah deskripsi job utama. Dengan kata lain, di sinilah tempatnya jika Anda ingin menuliskan keunggulan pekerjaan yang hendak diiklankan:

Tulis keunggulan pekerjaan yang diiklankan

Di bawah Job Features ada area yang disebut Application Job Fields. Plugin akan setup bagian upload file secara default sehingga pelamar bisa menyertakan resume mereka:

Menyertakan resume

Pengaturan berikutnya dan yang terakhir adalah Job Data. Pada bagian ini Anda dapat memasukan informasi mengenai perusahaan atau individu yang menawarkan pekerjaan, seperti nama perusahaan, website, tagline, bahkan logo. Biasanya Anda hanya perlu memasukkan informasi nama dan website perusahaan:

Informasi dan data pekerjaan

Setelah semua informasi ditambahkan, mulailah mengiklankan pekerjaan di situs Anda. Lowongan pekerjaan tersebut dapat dilihat jika Anda mengakses URL, misalnya, urlwebsiteanda.com/lowongan atau urlwebsiteanda.com/job. Halaman ini yang nantinya memuat semua daftar pekerjaan yang diposting dan diiklankan di website Anda:

Arsip lowongan kerja

Plugin Simple Job Board juga mengaktifkan bar pencarian yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melihat informasi lowongan kerja secara menyeluruh. Untuk mengecek apakah ada pengunjung yang melamar ke salah satu lowongan pekerjaan, maka Anda dapat melihatnya dengan membuka tab Job Board > Applicants. Di tab itu pulalah Anda (atau user lain yang diberikan hak khusus) dapat mereview resume.

 

sponsor


5. Tambahkan Sistem Membership untuk Situs Lowongan Kerja

Setelah semua fitur yang diperlukan ditambahkan, kini saatnya ‘mencari uang’ melalui situs lowongan kerja yang Anda buat. Di sini kita akan menggunakan plugin Membership & Content Restriction:

Plugin Membership & Content Restriction

Plugin ini memungkinkan Anda untuk meminta pengunjung menyediakan sejumlah biaya jika ingin berlangganan dengan mendaftar terlebih dulu. Konfigurasikan plugin Simple Job Board agar yang ditampilkan di website hanyalah user yang sudah mendaftar. Dengan demikian, hanya member atau anggota berbayar-lah yang bisa melihat dan melamar iklan lowongan kerja yang tersedia.

Berikut tiga hal yang harus diingat agar plugin Membership & Content Restriction dapat berfungsi dengan baik:

  1. Mengaktifkan registrasi user di website WordPress yang Anda miliki.
  2. Pasang sertifikat SSL. Anda bisa beli SSL di Hostinger dan mengaktifkannya.
  3. Akun PayPal, untuk mengumpulkan pendapatan yang Anda peroleh lewat layanan berlangganan (subscription).

Buka tab Settings > General yang ada di dashboard. Di dalam tab tersebut terdapat opsi untuk mengaktifkan registrasi user global di website Anda:

Registrasi

Setelah tiga hal di atas berhasil diaktifkan – termasuk setup sertifikat SSL dan akun PayPal – install plugin membership. Gunakan plugin ini untuk membuat satu atau beragam paket rencana subscription agar pengunjung dapat memilih kapan sebaiknya mereka mendaftar layanan berbayar di website Anda:

paket rencana subscription

Kembali ke tab Job Board dan buka salah satu lowongan kerja yang sudah Anda buat sebelumya. Scroll ke bawah layar hingga menemukan Content Restriction. Pilih user yang ingin Anda berikan hak akses untuk melihat dan membuka lowongan pekerjaan tersebut:

Content Restriction

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat website lowongan kerja di WordPress serta membatasi akses ke konten. Anda bebas menentukan apakah hanya sebagian lowongan pekerjaan saja yang gratis atau semuanya Anda batasi hanya untuk anggota berbayar. Dua pilihan ini sama-sama menguntungkan Anda. Jadi, pilihlah yang sekiranya baik untuk Anda terapkan.

sponsor


Artikel Asli

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply