CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->
Head Line News Popular Post

Pelatihan Jurnalistik Dalam Peningkatan Pengelolaan Kanal Informasi dan Media Sosial Perangkat Daerah Kabupaten Tangerang

 

Bram News, Tangerang – Acara berlangsung Di Hotel lemo pada hari Senin 30 Mei 2022, Pada acara ini terdapat Tiga narasumber yaitu Bapak Eko Pujianto, Bapak H Azar Ajis dan Bapak Lutfi Subagio.

MANAJEMEN MEDIA SOSIAL DAN MEDIA MASSA DI INSTANSI PEMERINTAHAN

 

Apa Itu Media Massa?

Media massa atau Pers adalah istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untu mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers:

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran

 

yang tersedia. Pers berfungsi melakukan cover both side (melihat sudut pandang berita dari dua

sisi) yang harus dipertahankan karena pers merupakan alat kontrol sosial bagi pemerintah sehingga pers menjadi media penyampaian aspirasi masyarakat terhadap pemerintah. Pers juga harus memiliki fungsi gate keeper dimana harus menyaring dalam setiap pemberitannya. Diharapkan fungsi pers tersebut dapat mendidik yang baik bagi masyarakat serta dapat menjadi penjembatan yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

Apa itu Kode Etik Jurnalistik ?

Kode Etik Jurnalistik adalah himpunan etika profesi kewartawanan. Wartawan selain dibatasi oleh ketentuan hukum, seperti Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, juga harus berpegang kepada kode etik jurnalistik..Tujuannya adalah agar wartawan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yaitu mencari dan menyajikan informasi.(tangerangkab.go.id)