Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Polisi: Cileunyi-Nagreg Lancar

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Polisi: Cileunyi-Nagreg Lancar

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menuturkan kondisi arus mudik di Kabupaten Bandung telah mengalami penurunan kendaraan. Menurutnya puncak arus mudik terjadi pada H-3 sebelumnya.

“Sekarang situasi arus mudik lancar. Puncaknya sepertinya kemarin, Exit Tol Cileunyi lancar, Nagreg lancar,” ujar Kusworo saat dihubungi detikJabar, Sabtu (30/4/2022) malam.

Kusworo menjelaskan tidak menutup kemungkinan pada waktu tertentu terjadi kepadatan. Namun, kata dia, kepadatan tersebut diakibatkan adanya aktivitas buka puasa.

“Sempat ada penumpukan kendaraan pada saat buka puasa sampai dengan jam 19.30. Namun setelah itu kembali lancar,” jelasnya.

Dia mengungkapkan pada siang hari tadi sempat diberlakukan pengalihan arus. Pengalihan tersebut dilakukan ke arah Kadungora Garut ataupun sebaliknya ke arah Limbangan.

“Iyah, sempat sampai lima kali pengalihan arus, karena memang kondisi Limbangan padat. Jadi kita alihkan ke Kadungora Garut,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan kendaraan pemudik kali ini tidak seramai pada tahun 2019 silam. Menurutnya saat ini telah mengalami penurunan.

“Secara jumlah volume kendaraan juga lebih banyak tahun 2019, karena kita bandingkannya dengan tahun 2019 pada saat arus mudik terakhir. 2020 dan 2021 kan gak ada mudik. Nah dibandingkan dengan intensitas kendaraan, lebih banyak tahun 2019,” tuturnya.

Dia menambahkan saat ini banyak pemudik yang menggunakan jalur tol Cipali dibandingkan menuju jalur Selatan Jawa Barat. “Apalagi kan sekarang banyak kendaraan yang melintas ke Cipali,” ucapnya.

Sementara itu menurut data dari Jasamarga Exit Tol Cileunyi, terjadi penurunan kendaraan yang melewati pintu tol tersebut. Bahkan penurunan terjadi sampai 6 ribu kendaraan.

Pada H-3 lebaran kemarin, para pemudik yang melintasi Exit Tol Cileunyi sebanyak 38 ribu. Namun saat ini pemudik yang melintasi Exit Tol Cileunyi sebanyak 32.471 kendaraan.

Artikel asli

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.