CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->

 

Hai sobat beberapa kali lebaran pemerintah larang mudik ke kampung halaman kita, karena Indonesia  sedang ada wabah Pademi Covid-19. Di awal Tahun 2022 Hari Raya Idul Fitri 1443H, Pemerintah memperbolehkan Pulang Kampung dengan istilah mudik, Pemerintah memberlakukan  mudi di tahun 2022 dengan persyaratan sudah Vaksin Booster.

Advertisements

Hai sobat beberapa kali lebaran pemerintah larang mudik ke kampung halaman kita, karena Indonesia  sedang ada wabah Pademi Covid-19. Di awal Tahun 2022 Hari Raya Idul Fitri 1443H, Pemerintah memperbolehkan Pulang Kampung dengan istilah mudik, Pemerintah memberlakukan  mudi di tahun 2022 dengan persyaratan sudah Vaksin Booster.

Nah, Sobak yang ingin mudik lebaran dengan berkendaraan Roda tiga , agar selamat  di perjalan, Admin ingin menginformasikan Lima (5) Tips Mudik Lebaran Naik Motor Agar Tetap Asik Dan Nyaman Di Perjalanan, simak ya ulasanya heheh.

Tips Liburan lebaran Asyik dengan Berkendara Motor

Berikut akan kami berikan tips mengenai bagaimana liburan dengan mengendarai sepeda mortor agar tetap nyaman selama perjalanan.

Cek Persiapan dan Kondisi Sepeda Motor

Langkah terpenting sebelum liburan dengan berkendara motor adalah memastikan dengan baik segala hal yang berhubungan dengan persiapan motor itu sendiri, terutama bagaimana kondisinya. Pastikan sebelum berangkat liburan, Anda mengecek dengan teliti dan seksama serta memastikan bahwa kondisi motor yang hendak Anda gunakan sedang optimal.

 

Jangan lupa untuk melihat kondisi oli jangan sampai berada di bawah garis normal. Selain itu juga ketegangan rantai seandainya saja Anda berencana menggunakan motor bebek dan kopling. Tidak ketinggalan pula tekanan ban yang pas, serta mesin motor Anda pada kondisi terebaik.

 

Gunakan Helm dan Perlengkapan Berkendara Lainnya

Memakai helm yang sesuai dengan SNI atau pun standar keselamatan adalah seusatu yang wajib Anda lakukan saat berkendara. Helm bukan hanya sekedar pelengkap agar Anda tidak ditilang polisi lalu lintas, namun lebih dari itu helm merupakan pelindung utama kepala Anda dari benturan akibat terjatuh atau pun kecelakaan lainnya.

 

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara, ada baiknya jika Anda juga mengenakan perlengkapan berkendara lainnya, mulai dari sarung tangan, celana panjang, sepatu, dan masker. Kenakan juga jaket agar melindungi tubuh Anda dari paparan suhu yang cukup ekstrim. Selain itu, tidak ada jeleknya pula jika Anda juga melengkapi diri dengan knee protektor.

 

Membawa Barang Seperlunya dan Sesuai Kapasitas Sepeda Motor

Lima (5) Tips Mudik Lebaran Naik Motor Agar Tetap Asik Dan Nyaman Di Perjalanan

 

Pada umumnya, ketika berangkat liburan maka akan banyak barang yang ingin dibawa. Terlebiih lagi jika Anda liburan bersama anak dan keluarga tercinta. Maka barang bawaan akan semakin bertambah. Dalam hal ini Anda harus bijak untuk memilih dan memilah barang penting mana saaja yang harus dibawa karena memang nantinya dibutuhkan.

Anda harus menentukan prioritas agar tidak membawa barang yang kurang diperlukan dan hanya menambah beban barang bawaan. Jika motor Anda memiliki jok yang luas, maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk meletakkan sebagin dari barang bawaan Anda.

 

Atau barang kali motor Anda dilengkapi dengan boks yang ditempelkan di bagian belakang motor, maka Anda bisa membaawa barang sesuai dengan kapasitas boks tersebut. Namun Anda juga harus memastikan untuk tidak berlebihan, apalagi hingga melebihi kapasitas yang semestinya.

 

Membawa Peralatan Reparasi Ringan

Meskipun persiapan dan kondisi motor sudah dipersiapkan sebelum keberangkatan, selalu saja ada pootesi terjadinya masalah dan kendala di perjalanan. Di saat inilah Anda sangat membutuhkan peralatan reparasi ringan, seperti obeng, kunci inggris dan kunci busi misalnya.

 

Jangan Lupakan Kunci Cadangan

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk membawa kunci cadangan saat liburan. Keseruan liburan bisa saja membuat Anda lupa di mana menaruh kunci motor. Atau bisa juga kunci motor Anda terjath dan hilaaang saat liburan. Dengan membawa kuunci cadangan, masalah-masalah semacam ini bisa dengan mudah diatasi tanpa kesulitan yang berarti.

 

Itulah berbagai tips bagi Anda yang hendak liburran menggunakan motor. Selain tips di atas, pastikan Anda selalu mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas, termasuk mengatur batas kecepatan agar tidak melebihi angka yang diperbolehkan.

 

astramotor.co.id

By Redaksi

close