CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->
Artikel Head Line Popular Post

Cara Setting Google AMP di WordPress

Cara Setting Google AMP di WordPress

Untuk memulainya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin AMP. Untuk lebih jelasnya, lihat langkah demi langkah panduan tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah Anda mengaktifkan plugin, Silahkan masuk ke menu Appearance » AMP untuk melihat bagaimana situs Anda terlihat pada perangkat mobile menggunakan AMP.

WordPress Google AMP Setting

Pada bagian ini, Anda dapat mengubah background header dan warna teks. Warna background Header yang Anda pilih juga akan digunakan sebagai warna link.

Plugin juga akan menggunakan ikon situs Anda atau logo jika tema Anda mendukungnya. Lihat tutorial tentang Tutorial Memberi Favicon Pada Website WordPress.

Jangan lupa untuk mengklik tombol “Save and Publish” untuk menyimpan perubahan Anda.

Sekarang Anda dapat mengunjungi setiap posting di situs Web Anda dan menambahkan /amp/ pada akhir URL Seperti

http://example.com/urlbloganda/amp/

Ini akan menunjukkan postingan Anda dalam versi AMP.

Google AMP View

Jika Anda melihat kode sumber dari posting asli, Anda akan menemukan baris ini di HTML source:?

1<link rel="amphtml" href="https://urlanda.com/amp-page.html">

Baris ini memberitahu mesin pencari bahwa halaman Anda menggunakan AMP. Saat Anda mencoba URL dengan menambahkan /amp/ dan melihat halaman kesalahan error 404, maka silahkan masuk ke menu Settings »Permalinks di admin WordPress Anda dan klik pada tombol “Save Changes”. Ingat, Anda tidak perlu mengubah apapun disini, Anda hanya cukup klik tombol simpan dan semua akan bekerja dengan baik pada website Anda.

Melihat Accelerated Mobile Pages

Ingin tahu bagaimana Accelerated Mobile Pages Anda lakukan di Google Search? Anda dapat dengan mudah memeriksa ini menggunakan Google Search Console.

Login ke dashboard Google Search Console dan kemudian klik pada Search Appearance » Accelerated Mobile Pages. Dan klik tombol “Get started with AMP”.

WordPress amp google search console

Jangan khawatir jika Anda tidak melihat hasil AMP Anda segera. Ini mungkin memerlukan waktu bagi Google untuk mengindeks halaman Accelerated Mobile Pages Anda dan kemudian menampilkan data di Search Console.

Cara Memodifikasi Tampilan Accelerated Mobile Pages

AMP plugin untuk WordPress hadir dengan pilihan kustomisasi yang sangat terbatas. Namun Anda dapat menggunakan beberapa plugin WordPress lainnya untuk menambahkan beberapa penyesuaian lagi.

Jika Anda sudah menggunakan Yoast SEO, maka Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin “Glue for Yoast SEO & AMP“.

Glue for Yoast SEO & AMP adalah plugin add-on untuk Yoast SEO dan AMP plugin. Setelah aktivasi, Anda perlu untuk mengunjungi halaman SEO »AMP untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin.

amp glue yoast seo

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan dukungan AMP untuk jenis posting lainnya.

Pada tab desain, Anda dapat memilih warna dan pilihan desain. Anda juga dapat meng-upload logo dan gambar header standar yang akan digunakan saat posting tidak memiliki fitur gambar sendiri.

WordPress yoast amp design

Anda dapat beralih ke tab Analytics untuk menambahkan ID Google Analytics Anda.

Jangan lupa untuk mengklik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan pada pengaturan Anda.

Selain langkah-langkah diatas, masih ada banyak plugin yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan posting terkait (related post), widget footer, dan bahkan ikon sosial media ke halaman AMP Anda.

Namun, Anda perlu memastikan untuk memvalidasi halaman AMP Anda setelah Anda menginstal Add-ons plugin.

Baca : Cara Membuat WEB Lowongan Kerja Dengan WORDPRESS Bag. Dua

Dan diatas adalah langkah demi langkah cara untuk membuat website WordPress Anda mendukung Google AMP, saya berharap artikel ini dapat membantu Anda belajar bagaimana mengatur Accelerated Mobile Pages (AMP) di WordPress dan menjadikan website Anda berjalan dengan cepat. Selamat mempraktekan 

Artikel Asli