CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->
Artikel Head Line Popular Post

Cara Modifikasi Ringan CVT Agar Tarikan Motor Lebih Halus

Modifikasi Ringan CVT Agar Tarikan Motor Lebih Halus

 

CVT memiliki fungsi sebagai alat untuk menggerakan motor matic agar dapat digunakan dalam berkendara. CVT berhubungan langsung dengan ban motor, dimana ia akan meneruskan laju putaran yang berasal dari mesin sampai ke roda.

 

Nah, karena CVT ini berhubungan langsung dengan performa laju kendaraan, komponen CVT ini menjadi sasaran utama bagi pengguna motor matic untuk dilakukan upgrade atau modifikasi. Hal ini bertujuan untuk membuat laju kendaraan lebih halus dan membuat tarikannya menjadi semakin ringan saat digunakan.

Advertisements

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan informasi mengenai komponen apa saja yang bisa dilakukan modifikasi agar tarikan motor matic lebih halus. Simak selengkapnya dibawah ini!

 

1. Ubah Bobot Komponen Roller Pada CVT

Roller adalah salah satu sistem kerja CVT yang memiliki peran cukup krusial khususnya bagi motor matic. Fungsi dari roller yakni sebagai pengatur pergerakan sliding primary sheave. Komponen ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana ia akan menjauhi poros putaran yang dikelilinginya.

Karena keberadaan roller yang memiliki peran cukup penting, kamu bisa meng-upgrade atau memodifikasi roller ini. Caranya, kamu bisa memainkan atau mengubah bobot roller yang biasanya dibekali oleh pabrik menjadi lebih ringan.

 

Dengan menggunakan roller yang lebih ringan, roller akan membuat kinerja sistem tarikan CVT motor kamu menjadi lebih halus.

2. Perpanjang Jalur Roller

Di sisi lain, roller merupakan komponen yang memiliki jalurnya tersendiri. Kamu bisa mengotak-atik atau mengubah jalur tersebut sesuai dengan preferensi karena roller bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal. Jika kamu ingin tarikan mesin motor lebih halus, maka kamu bisa mengubah jalur tersebut menjadi sedikit lebih panjang.

 

Dengan demikian, komponen roller akan bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin pada putaran teratas dapat lebih terisi dan mengoptimalkan kinerjanya. Untuk meng-upgrade roller, kamu bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat.

3. Mengganti Komponen Per Pada CVT

Modifikasi lain yang bisa kamu lakukan agar kinerja CVT lebih optimal adalah dengan mengganti komponen per pada CVT yang sudah terpasang. Biasanya mekanik di bengkel akan menyarankan kamu untuk menggunakan per yang sedikit lebih panjang untuk mempercepat proses akselerasi dalam kendaraan.

 

Produk CVT dapat kamu temukan di bengkel atau toko otomotif  yang menjual barang aftermarket. kamu bisa menyesuaikan per tersebut sesuai dengan spesifikasi motor yang Anda miliki.

Demikianlah pembahasan dari beberapa modifikasi ringan yang bisa kamu lakukan untuk membuat tarikan motor kamu lebih halus, khususnya untuk penggunaan motor matic. Dengan modifikasi ringan beberapa komponen tersebut, kamu bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang jauh lebih aman dan nyaman.

Semoga bermanfat artikel ini buat sobat semuanya

astramotor.co.id