CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->

BLT Subsidi Gaji Tak Kunjung Cair, Menaker Bilang Begini

Advertisements

Program bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji dialokasikan oleh pemerintah sebesar Rp8,8 triliun. Adapun cakupan penerima mencapai 8,8 juta orang.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa program BSU didesain untuk pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. BSU dan akan diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp 1 juta.

Advertisements

“Saat ini Kemnaker tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel,” kata Ida.
Ida menilai meski kondisi perekonomian masih dalam masa pemulihan dan belum sepenuhnya stabil, namun pemerintah terus mengupayakan program yang bertujuan untuk meringankan beban dunia usaha dan pekerja yang terdampak.

Tahun ini, lanjut Ida, program Jaminan kehilangan Pekerjaan (JKP) sudah bisa di claim oleh pekerja atau buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan manfaat berupa uang tunai, informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

“Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) sudah kita implementasikan sejak Februari 2022, dan temen2 yang mengalamai PHK dan menjadi perserta BPJS Ketenagakerjaan, memenuhi sayarat untuk mendapatkan manfaat JKP dan di PHK sudah bisa mendapatkan manfaat program JKP,” ungkap Ida.

Advertisements

Artikel asli

By Redaksi

close