CLOSE ADS
-->
CLOSE ADS
-->
Sumber POTO di :celebrities.id
Nasional News Popular Post

Aturan Baru KTP 2022 Gelah Bisa Di Cantumkan

Aturan baru untuk KTP telah dibuat oleh pemerintah. Ketentuan ini ada dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri 73/2022 tentang Pencatatan Nama Pada Dokumen Kependudukan yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 11 April 2022.

Lewat aturan yang sudah ditetapkan, salah satu aturan baru untuk KTP adalah dalam pencatatan nama pada identitas di Kartu Keluarga atau KK sampai dengan KTP ditetapkan minimal dua kata dengan maksimal 60 huruf termasuk spasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aturan baru untuk KTP, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini yang sudah celebrities.id rangkum pada Selasa (24/5/2022).

Aturan baru KTP menurut Permendagri Nomor 73/2022

Pasal 1

Melampirkan definisi soal penduduk, dokumen kependudukan, pencatatan nama, sampai instansi yang berwenang mengurusi administrasi kependudukan.

Pasal 2

Pencatatan untuk nama pada dokumen kependudukan diberlakukan sesuai prinsip norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 3

Untuk Dokumen Kependudukan menyangkup sebagai berikut:

1. Biodata Penduduk,
2. Kartu Keluarga (KK),
3. Kartu Identitas Anak ,
4. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP),
5. Surat Keterangan Kependudukan, dan
6. Akta Pencatatan Sipil.

Advertisements

Pasal 4 ayat 2

Mengenai pencatan nama yakni memiliki aturan sebagai berikut :
– Nama mudah dibaca, tidak bermakna negatif dan tidak multitafsif,
– Jumlah huruf pada nama paling banyak 60 (enam puluh) huruf termasuk spasi, dan
– Jumlah kata pada nama paling sedikit 2 (dua) kata.

 

Pasal 5

Mengenai pencatatan aturan nama sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, serta penulisan marga hingga gelar pendidikan.

– Nama harus menggunakan huruf sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,
– Untuk nama marga, famili atau dengan nama lain dapat dicantumkan pada Dokumen Kependudukan,
– Gelar pendidikan, adat dan keagamaan dapat dicantumkan pada Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang penulisannya bisa disingkat, dan
– Adapun tata cara untuk Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan dilarang untuk disingkat (kecuali tidak diartikan lain), dengan menggunakan angka dan tanda baca serta mencantumkan gelar pendidikan dan keagamaan pada akta pencatatan sipil.

Untuk penduduk yang melampirkan nama yang tidak sesuai atau melanggar ketentuan yang berlaku, pejabat pada Disdukcapil Kabupaten atau Kota, UPT Disdukcapil Kabupaten atau Kota, ataupun perwakilan Republik Indonesia berhak untuk tidak mencatatkan dan menerbitkan dokumen kependudukan.

Adapun, apabila Pejabat pada Disdukcapil Kabupaten atau Kota, UPT Disdukcapil Kabupaten atau Kota, atau perwakilan Republik Indonesia yang melakukan pencatatan nama pada dokumen kependudukan yang melanggar ketentuan Pasal 4 dan Pasal 5 ayat, diberikan sanksi administratif yang berupa teguran secara tertulis dari menteri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Itulah aturan baru KTP yang telah diterbitkan oleh Permendagri Nomor 73 tahun 2022.

Sumber  di :celebrities.id